Sabtu, 21 September 2013

Pengertian Sakarida (BIOLOGI KELAS XII)

Pengertian Sakarida. Sakarida, atau karbohidrat, adalah gula atau pati. Sakarida terdiri dari dua senyawa dasar:
Aldehida – terdiri dari dua ikatan karbon dan atom oksigen, ditambah atom hidrogen.
Keytones – terdiri dari dua ikatan karbon dan atom oksigen, ditambah dua atom karbon tambahan.
Ada berbagai jenis sakarida:
Monosakarida – ini adalah unit gula sekecil mungkin. Contohnya termasuk glukosa, galaktosa atau fruktosa. Ketika kita berbicara tentang gula darah kita mengacu kepada glukosa dalam darah, glukosa adalah sumber utama energi untuk sel. Dalam nutrisi manusia, galaktosa dapat ditemukan paling mudah dalam susu dan produk susu, sedangkan fruktosa kebanyakan ditemukan dalam sayuran dan buah.
Disakarida – dua molekul monosakarida terikat bersama. Disakarida adalah polisakarida – “poli …” menentukan jumlah lebih tinggi dari satu, sementara “di …” menentukan tepatnya dua. Contoh disakarida termasuk laktosa, maltosa, dan sukrosa. Jika Anda salah satu ikatan molekul glukosa dengan molekul fruktosa Anda mendapatkan molekul sukrosa. Sukrosa ditemukan dalam gula meja, dan sering terbentuk sebagai hasil fotosintesis (sinar matahari diserap oleh klorofil bereaksi dengan senyawa lain dalam tanaman). Jika Anda salah satu ikatan molekul glukosa dengan molekul galaktosa Anda mendapatkan laktosa, yang umum ditemukan dalam susu.
Polisakarida – rantai dari dua atau lebih monosakarida. Rantai bisa bercabang (molekul seperti pohon dengan cabang dan ranting) atau bercabang (molekul adalah garis lurus tanpa ranting). Rantai molekul polisakarida dapat terdiri dari ratusan atau ribuan monosakarida.
Polisakarida adalah polimer. Suatu senyawa sederhana adalah monomer, sedangkan senyawa kompleks merupakan polimer yang terbuat dari dua atau lebih monomer. Dalam biologi, ketika kita berbicara tentang blok bangunan, kita biasanya berbicara tentang monomer.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar