Sabtu, 21 September 2013

Perbedaan Gamet dan Zigot (BIOLOGI KELAS XII)

Perbedaan Gamet dan Zigot. Gamet mengacu pada sel individu haploid seks, yaitu, telur atau sperma. Zigot adalah sel diploid terbentuk ketika dua sel gamet yang bergabung dengan cara reproduksi seksual.
Pembeda Gamet Zigot
Definisi Adalah sel yang yang bergabung dengan sel lain selama pembuahan (konsepsi) pada organisme yang bereproduksi secara seksual. Betina menghasilkan gamet besar yang disebut sel telur sedangkan jantan menghasilkan gamet seperti kecebong-disebut sel sperma. Zigot adalah sel diploid hasil dari pembuahan antara sel telur dan sperma.
Etimologi Berasal dari kata Yunani “gametes” yang berarti “suami” dan “gamete” yang berarti “istri.” Berasal dari kata Yunani “zygotos” yang berarti “bergabung atau dicampuradukkan atau kuk.
Ploidi Haploid (n) Diploid (2n)
Materi genetik atau Kromosom: Haploid – Membawa setengah dari materi genetik yang diperlukan untuk membentuk sebuah organisme lengkap. Dengan kata lain – hanya berisi satu set kromosom yang berbeda Diploid – Mempunyai materi genetik lengkap yang diperlukan untuk membentuk sebuah organisme lengkap. Dengan kata lain – mengandung kromosom berpasangan
Kejadian pada tanaman: Pada tanaman pendek, gamet jantan adalah motil antherozoid, yang membutuhkan air sebagai medium untuk bergerak, gamet betina terkandung dalam archegonium tersebut. Pada tumbuhan tinggi gamet jantan terkandung dalam mikrospora, Gamate betina di megaspora. Zigot terbentuk dalam ruang yang disebut archegonium.
Komposisi kromosom Memiliki satu salinan dari semua autosom dan 1 kromosom seks, baik X atau Y. Memiliki dua salinan dari semua autosom. Kromosom seks hadir dapat berupa XX atau XY.
Lokasi Pada laki-laki: testis. Pada wanita: ovarium Hanya ditemukan pada wanita di tuba falopi dari sistem reproduksi wanita.
Morpologi Sperma: seperti kecebong. Oosit: besar dan bulat Bulat

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar