Jumat, 20 September 2013

Proses Transpor Pasif pada Sel (BIOLOGI KELAS XI)

Proses Transpor Pasif pada Sel. Meskipun transpor aktif membutuhkan energi dan kerja, transpor pasif tidak. Ada beberapa jenis gerakan molekul ini yang mudah. Hal ini dapat terjadi secara sederhana seperti molekul bergerak bebas ketika osmosis atau difusi. Anda juga dapat melihat protein dalam membran sel yang bertindak sebagai saluran untuk membantu gerakan bersama. Dan tentu saja ada proses transportasi di-antara di mana molekul yang sangat kecil dapat menyeberangi membran semipermeabel.
difusi difasilitasi
Kadang-kadang, protein digunakan untuk membantu molekul bergerak lebih cepat. Ini adalah proses yang disebut difusi difasilitasi. Hal ini dapat sederhana seperti membawa molekul glukosa. Karena membran sel tidak akan mengizinkan glukosa untuk menyeberang melalui difusi, diperlukan pembantu. Sel mungkin melihat cairan luar bergegas oleh dengan molekul bebas glukosa. Protein membran kemudian ambil satu molekul dan menggeser posisi mereka untuk membawa molekul ke dalam sel. Itulah situasi transportasi pasif yang mudah karena glukosa bergerak dari konsentrasi tinggi ke yang lebih rendah. Itu bergerak menuruni gradien konsentrasi. Jika Anda perlu untuk menghapus glukosa, sel akan membutuhkan energi.`

Membiarkan Konsentrasi Melakukan Pekerjaan

Terkadang sel di daerah di mana ada perbedaan konsentrasi besar. Sebagai contoh, konsentrasi molekul oksigen bisa sangat tinggi di luar sel dan di dalam sangat rendah. Molekul-molekul oksigen begitu kecil dan mereka mampu melintasi lipid bilayer dan masuk ke dalam sel. Tidak ada energi yang diperlukan untuk proses ini. Dalam kasus ini, baik untuk sel karena sel-sel membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Hal ini juga dapat terjadi dengan molekul lain yang dapat membunuh sel.

Osmosis

Contoh besar lain transportasi pasif adalah osmosis. Ini adalah proses khusus air. Biasanya, sel dalam lingkungan di mana ada satu konsentrasi ion di luar dan satu di dalam. Karena ingin konsentrasi sama, sel dapat memompa suatu ion dari dalam keluar untuk tetap hidup. Osmosis adalah gerakan air melintasi membran.
Osmosis
Osmosis
Sel untuk bertahan hidup, konsentrasi ion harus sama di kedua sisi membran sel. Jika sel tidak memompa keluar semua ion ekstra untuk meratakan konsentrasi, air akan bergerak masuk ini bisa sangat buruk. Sel dapat membengkak dan meledak. Contoh klasik dari jenis pembengkakan terjadi ketika sel-sel darah merah ditempatkan dalam air. Air bergegas masuk ke sel, mereka memperluas dan akhirnya pecah (POP!).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar