Rabu, 25 September 2013

RANGKUMAN MENGKOMUNIKASIKAN HASIL PENELITIAN (SOSIOLOGI KELAS XII)

Laporan penelitian dibuat dengan tujuan agar hasil penelitian dapat dibaca oleh orang lain, mudah dipahami, dan dapat dijadikan sebagai alat dokumentasi untuk pengujian dan pengembangan penelitian lebih lanjut.
Ciri penulisan laporan penelitian adalah sebagai berikut.
– Objektif, artinya penulis harus mengungkapkan apa adanya, dan tidak mengadaada.
– Sistematis, artinya tulisan menurut alur pemahaman yang runtut dan berkesinambungan.
– Jelas, artinya segala informasi yang ditulis dapat mengungkapkan sesuatu secara jernih.
– Terbuka, artinya selalu dapat menerima pembaruan apabila ada pendapat baru yang lebih baik dan kebenarannya dapat teruji melalui kritik dari pihak lain.
– Logis, artinya keterangan yang diungkapkan harus memiliki argumentasi yang dapat diterima oleh akal sehat, runtut, dan nalar.
Laporan hasil penelitian digunakan untuk keperluan studi akademis (misalnya skripsi untuk S-1, tesis untuk S-2, dan desertasi untuk S-3), perkembangan ilmu pengetahuan, dan keperluan publikasi ilmiah.
Untuk keperluan akademik, laporan penelitian disampaikan dalam diskusi kelas agar dinilai dan mendapatkan respon dari pihak lain (peserta diskusi) sebelum hasil penelitian ini dipublikasikan untuk dikonsumsi publik.
Laporan penelitian yang telah didiskusikan kemudian dipublikasikan dalam Bentuk artikel dengan tujuan agar dapat menjadi konsumsi publik.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar