Sabtu, 21 September 2013

Apa Pentingnya Enzim dalam Reaksi (BIOLOGI KELAS XII)

Apa Pentingnya Enzim? Enzim adalah molekul yang berfungsi sebagai katalis untuk reaksi. Artinya, reaksi terjadi lebih cepat dan efisien ketika enzim hadir. Dalam banyak kasus, enzim mendorong reaksi yang mungkin tidak dapat dilakukan dalam keadaan normal.
Makna Enzim
Tanpa enzim, proses yang paling fisiologis tidak akan terjadi. Ratusan jenis enzim yang hadir dalam sel tumbuhan dan hewan dan masing-masing sangat spesifik dalam fungsinya.
Fungsi Enzim
Suatu enzim bekerja pada substrat untuk mengubah substrat dalam beberapa cara. Dalam keadaan normal, energi (dikenal sebagai energi aktivasi) diperlukan untuk menjalani perubahan ini. Enzim menurunkan energi aktivasi sehingga reaksi memerlukan lebih sedikit energi. Hal ini membuat reaksi terjadi lebih mudah dan pada tingkat yang berpotensi lebih cepat.
Sejarah Enzim

Pada tahun 1894, Emil Fischer menemukan bahwa enzim sangat spesifik untuk substrat di mana mereka bekerja dan reaksi mereka promosikan. Dia menyebutkan kekhususan ini model gembok dan kunci. Sejak saat itu, enzim telah ditemukan untuk menjadi lebih fleksibel, dan mampu mengubah sedikit bentuk agar sesuai substrat.
Identifikasi Enzim

Kebanyakan enzim diberi nama dengan akhiran – ase pada akhirnya. Bagian pertama dari nama enzim menunjukkan substrat di mana enzim bekerja. Misalnya, enzim protease membantu sistem pencernaan memecah protein, sedangkan istirahat selulase selulosa dalam dinding sel tanaman.
Pertimbangan Enzim

Aktivitas enzim dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti adanya bahan kimia dan suhu, pH, atau radiasi ultraviolet ekstrim. Faktor-faktor eksternal dapat menghancurkan struktur protein enzim, rendering tak berguna. Inilah salah satu alasan demam tinggi dapat mematikan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar