Sabtu, 21 September 2013

Apakah Tiga Jenis Respirasi anaerobik (BIOLOGI KELAS XII)

Apakah Tiga Jenis Respirasi anaerobik? Saat respirasi aerobik (dengan oksigen) lebih efisien dalam menghasilkan energi digunakan untuk sel, beberapa organisme hidup di tempat di mana mereka tidak memiliki akses ke oksigen. Mereka justru harus memanfaatkan respirasi anaerobik.
Jenis
Sementara seluruh organisme yang menggunakan respirasi aerobik melakukannya pada dasarnya dengan cara yang sama, ada berbagai jenis respirasi anaerobik. Yang paling umum adalah reduksi nitrat, reduksi sulfat dan pengurangan karbonat.
Kesamaan
Semua bentuk fungsi respirasi selular untuk menghasilkan ATP, yang menggunakan sel untuk mengangkut energi. Semua bentuk respirasi anaerobik kurang efisien daripada respirasi aerobik.
Pengurangan nitrat
Reduksi nitrat bekerja dengan mengurangi nitrat (NO3-) menjadi nitrit (NO2-), mengkonsumsi ion hidrogen dan menghasilkan air dalam proses. Beberapa mikroorganisme dapat mengurangi nitrit lebih jauh, semua cara untuk gas nitrogen dalam beberapa kasus, tetapi bakteri harus melakukan ini dengan hati-hati karena beberapa produk setengah bersifat racun.
Pengurangan sulfat
Reduksi sulfat hanya terlihat dalam organisme yang hidup di lingkungan dengan jumlah yang sangat kecil oksigen. Ia bekerja dengan mengurangi sulfat (SO4-2) ke sulfida (S-2).
Pengurangan karbonat
Ada beberapa cara untuk menghasilkan energi dengan mengurangi karbonat. Kebanyakan mulai dengan karbonat (CO3) dan mengurangi ke metana (CH4) atau asam asetat (CH3COOH).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar