Sabtu, 21 September 2013

Apakah Dua Tahapan utama dari Siklus Sel (BIOLOGI KELAS XII)

Apakah Dua Tahapan utama dari Siklus Sel Sel melalui dua tahap utama. Pada tahap pertama, yang dikenal sebagai interfase, sel tumbuh, materi genetik dan menghasilkan protein. Pada tahap kedua, yang dikenal sebagai mitosis, sel membelah dalam dua sel anak yang identik. Kedua fase ini mengandung sub fase yang sesuai dengan peristiwa seluler tertentu. Pada waktu tertentu, sebuah sel baik di dalam interfase atau mitosis.
Gap 0
Pada tahap pertama interfase, yang dikenal sebagai gap 0 atau G0, sel dalam keadaan istirahat. Sel-sel pada G0 tidak mereplikasi salah satu materi genetik mereka dan tidak mempersiapkan untuk membagi. Sel-sel dewasa yang tidak lagi mampu untuk membagi dapat tetap berada dalam G0 selamanya. Beberapa ilmuwan mengandaikan bahwa kanker disebabkan ketika sel-sel secara permanen meninggalkan G0 dan mulai membagi terlalu cepat.
Gap 1
Pada tahap kedua interfase, yang dikenal sebagai gap 1 atau G1, sel berkembang dalam ukuran sangat. Hal ini juga mulai menghasilkan jumlah besar atau RNA untuk sintesis protein. G1 berisi pos pemeriksaan penting yang mencegah sel sehat dari membagi dan menciptakan lebih sehat sel.
Tahap sintesis
Pada tahap ketiga dari interfase, dikenal sebagai fase sintesis atau fase S, sel benar-benar mereplikasi DNA-nya. Dengan demikian, inti sel berisi dua genom lengkap.
Gap 2
Pada tahap akhir dari interfase, yang dikenal sebagai gap 2 atau G2, sel terus tumbuh dalam ukuran dan memproduksi protein. G2 berisi lain pos pemeriksaan penting untuk memastikan pembelahan sel sehat. Jika DNA itu tidak benar direplikasi di S Phase, sel tidak akan masuk mitosis.
Profase
Tahap pertama dari mitosis, yang dikenal sebagai profase, terjadi ketika poros miotic mulai terbentuk. Struktur ini, terdiri dari serat yang membentang ke sentriol di ujung-ujung inti, memberikan penjajaran untuk kromosom.
Prometaphase
Tahap kedua mitosis, yang dikenal sebagai prometaphase, melibatkan pembubaran membran nuklir. Di spindle miotic menjadi lebih nyata dan kromosom mulai mendekatkan diri untuk itu.
Metafase
Tahap ketiga mitosis, yang dikenal sebagai metafase, terjadi ketika poros miotic meluruskan kromosom sepanjang tengah inti. Ini membentuk struktur yang disebut pelat miotic, yang mana sel akan mulai membelah.
Anafase
Pada tahap keempat mitosis, yang dikenal sebagai anafase, para kromosom mulai bergerak sepanjang poros ke sisi berlawanan dari sel.
Telofase
Pada tahap kelima mitosis, yang dikenal sebagai telofase, kromosom mencapai ujung-ujung sel. Dua membran nuklir baru mulai terbentuk, satu di masing-masing kelompok kromosom.
Sitokinesis
Pada tahap akhir mitosis, yang dikenal sebagai sitokinesis, sel yang terjepit menjadi dua sel anak yang baru, masing-masing dengan inti dan set kromosom yang identik.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar