Sabtu, 21 September 2013

Apasaja Tahap Fase Meiosis (BIOLOGI KELAS XII)

Apasaja Tahap Fase Meiosis . Meskipun meiosis tidak terlihat dengan mata telanjang, kehidupan manusia – dan bahwa semua organisme yang bereproduksi secara seksual – tergantung atasnya. Meiosis adalah proses dimana sel bersifat diploid terbagi menjadi empat “anak” sel. Meiosis menciptakan lebih banyak telur dan sel sperma dan benar-benar melibatkan dua divisi yang terpisah tetapi hanya satu replikasi DNA sel.
profase I
Pada profase 1, kromosom homolog mulai pindah silang sementara DNA melilit secara ketat.
metafase I
Pada metafase 1, mikrotubulus merakit menjadi spindle dan membran nukleus menghilang. Pasang kromosom homolog (atau “homolog”) melekatkan diri pada kutub mikrotubulus berlawanan dan kemudian menyesuaikan diri pada pelat metafase.
anafase I
Selama anafase 1, mikrotubulus berkurang dalam panjang, menyebabkan pasangan kromosom yang akan ditarik ke arah kutub, menyeret kromatid sister dengan mereka. Pada titik ini, masing-masing tiang memiliki set lengkap kromosom haploid.
telofase I
Pada telofase 1, membran inti, yang sebelumnya menghilang, kembali terbentuk di sekitar anak inti. Pada titik ini, ada dua kromatid sister per kromosom di setiap anak nukleus.
meiosis 2
Selama meiosis 2, sel mempersiapkan untuk membagi. Sebuah poros baru berkembang karena degradasi membran nuklir. Di kromatid sister reorientasi diri menuju kutub yang berlawanan. Kemudian amplop nuklir tumbuh di sekitar pasangan kromosom anak. Seperti amplop nuklir terbentuk sekitar kromosom anak, bentuk mereka seperti empat sel yang berbeda mulai muncul. Diploid yang ini kemudian terpecah, membentuk empat sel.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar