Sabtu, 21 September 2013

Apakah Tiga Komponen Nukleotida DNA (BIOLOGI KELAS XII)

Apakah Tiga Komponen Nukleotida DNA ? Salah satu blok bangunan dasar kehidupan, DNA (asam deoksiribonukleat atau) mengandung kedua bahan genetik yang diturunkan dari organisme untuk turunannya serta informasi yang memungkinkan sel untuk membuat protein. DNA terdiri dari nukleotida, subunit yang pada gilirannya terbentuk dari tiga komponen: kelompok fosfat, basa nitrogen dan gula, deoksiribosa. Ketiga komponen bergabung untuk membentuk nukleotida, nukleotida pada gilirannya akan berikatan satu sama lain untuk membuat DNA.
Grup fosfat
Kelompok fosfat adalah unit bermuatan negatif yang memiliki satu atom fosfor terikat empat atom oksigen. Muatan negatif fosfat ini memberikan molekul DNA keseluruhan muatan negatif juga.
Basa nitrogen
Kadang-kadang disebut basa heterosiklik, basa nitrogen dalam DNA datang dalam empat varietas: sitosin, timin, adenin dan guanin. Keempat varietas ditemukan dalam basa nitrogen dengan salah satu cincin struktur atom nitrogen atau dua cincin. Basa cincin tunggal nitrogen disebut pirimidin, dua jenis basa pirimidin ini adalah sitosin dan timin. Basis cincin ganda nitrogen disebut purin dan termasuk adenin dan guanin.
Deoksiribosa
Deoksiribosa adalah gula karbon spesifik ditemukan dalam DNA. Hal ini terbentuk dari cincin lima karbon gula, yang masing-masing meliputi karbon, oksigen dan atom hidrogen. Ini adalah struktur kimia dari gula yang membedakan nukleotida DNA dari nukleotida RNA (asam ribonukleat atau).
Ikatan
Tiga komponen dari bentuk berbagai jenis nukleotida berikatan untuk terus bersama. Kelompok fosfat dan nitrogen dasar kedua ikatan gula deoksiribosa melalui ikatan kovalen. Selain itu, ikatan kovalen deoksiribosa kelompok fosfat dalam nukleotida lain. Ini basa nitrogen juga membentuk ikatan hidrogen dengan basis di nukleotida lain. Melalui sistem kompleks, setiap nukleotida diadakan bersama-sama dan menggabungkan dengan nukleotida lain untuk membentuk heliks beruntai ganda penuh DNA.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar