Sabtu, 21 September 2013

Bagaimana Cara Memahami Struktur DNA (BIOLOGI KELAS XII)

Bagaimana Memahami Struktur DNA. Memahami struktur DNA dari diagram memerlukan sedikit imajinasi. Jika tidak, diagram DNA semua akan menyerupai cacing yang melilit-lilit— adalah bagaimana sebenarnya muncul dengan mata telanjang. “Struktur” DNA mengacu pada riasan molekulnya. Untuk memahami struktur itu, lanjutkan langkah-langkah berikut dalam pikiran.
Struktur DNA
Struktur DNA
  1. Memahami garis tebal. DNA terdiri dari dua untai terdiri dari deoksiribosa, gula dan fosfat. Untaian ini disebut “tulang punggung.” Tulang punggung tersebut tidak memiliki informasi genetik yang sebenarnya — satu-satunya tujuan adalah untuk menahan untai. Dua helai antiparalel, atau membalik dengan terhadap satu sama lain.
  2. Memahami huruf. Molekul gula menghubungkan basa nitrogen (bahan kimia molekul yang membentuk informasi genetik) dengan tulang punggung. Basa nitrogen adalah A, C, G, T, atau adenin, sitosin, guanin dan timin. Setiap molekul DNA memiliki urutan yang berbeda dari empat molekul. Misalnya, satu DNA akan CGTACGCTA dan lainnya CATAGCTTCA. Basa nitrogen, gula, dan fosfat bersama-sama disebut “nukleotida.”
  3. Memahami “pasangan basa.” Hal ini melibatkan untuk mengetahui “aturan dasar pasangan”: A selalu berikatan dengan T, membentuk satu pasangan basa, demikian pula, G selalu berikatan dengan C, tanpa pengecualian, membentuk pasangan basa lain. Oleh karena itu, CGTACGCTA nukleotida pada satu untai akan, di sisi lain, antiparalel, untai, GCATGCGAT.
  4. Memahami garis putus-putus. Ikatan hidrogen, yang memegang pasangan basa bersama-sama, lebih lemah daripada ikatan kimia yang paling dan mudah patah. Itulah mengapa diagram DNA menggunakan garis putus-putus untuk mewakili ikatan hidrogen antara pasangan basa.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar