Sabtu, 21 September 2013

Bagaimanakan Cara DNA Bekerja (BIOLOGI KELAS XII)

Bagaimanakan DNA Bekerja. DNA adalah singkatan untuk Asam deoksiribonukleat. Ini pada dasarnya adalah asam ditemukan dalam inti sel-sel kita yang berfungsi sebagai peta makhluk biologis kita, benar-benar menetapkan seseorang terpisah dari makhluk hidup lainnya. Setelah DNA mendapat untuk bekerja, menciptakan sekuens gen yang membuat tidak ada dua individu yang persis sama.
DNA Membuat Protein
DNA bekerja sebagai molekul yang dirancang dalam pola double-helix yang pada dasarnya adalah serangkaian ikatan antara gula dan fosfat disebut nukleotida. Ikatan menyerupai seperangkat anak tangga spiral yang membentuk tangga. DNA dimulai tugasnya dengan urutan kombinasi 4 nukleotida bersama dengan 20 asam amino yang berbeda. Kodon – urutan tiga nukleotida ini – menentukan mana dari asam amino akan cocok untuk membentuk protein.
Tergantung pada urutan asam, protein yang berbeda ini akan membentuk. Misalnya, protein pelindung yang dibuat untuk menciptakan pembekuan darah dan antibodi yang melawan penyakit. Ketika DNA menciptakan penyimpanan protein mereka menyerap dan memegang bahan kimia penting tertentu dan mineral seperti besi. Protein yang berbeda melanjutkan untuk melakukan fungsi dalam tubuh untuk menjaga semua sistem dalam rangka kerja.
DNA dan RNA
DNA juga harus bekerja saat mereplikasi dirinya sendiri ke sel lain sehingga protein dibangun di generasi mendatang. DNA selalu tetap dalam inti sel, sehingga bergantung pada RNA (asam ribonukleat) untuk menyampaikan informasi ke sel lain menggunakan sitoplasma sebagai medium atau inti. Sebuah molekul yang disebut RNA polimerase pertama menempel pada untai DNA pada bagian tertentu yang disebut promotor. Untai DNA unwind dan polimerase membuat template dari satu untai. Polimerase berhenti setelah untaian disalin sepenuhnya dan terlepas. Hal ini sekarang dikenal sebagai mRNA, atau messenger RNA, yang bebas untuk menyampaikan pengkodean dalam sel lain. Jika pertukaran terjadi di dalam nukleus, replikasi DNA mengambil langkah-langkah tambahan. Protein khusus yang disebut intron diciptakan dan melekat pada mRNA sebagai tambahan 100 sampai 200 nukleotida.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar