Kamis, 19 September 2013

Bakteri streptokokus dan Manusia ( BIOLOGI KELAS X)

Bakteri streptokokus dan Manusia. Sebagaimana diketahui banyak spesies Streptococcus bersifat patogen dan bertanggung jawab untuk menyebabkan sejumlah penyakit bakteri dan infeksi seperti pneumonia, meningitis, radang endokardium (lapisan permukaan dalam jantung), sepsis (atau bakteremia), penyakit pemakan daging, faringitis bakteri, dll. Banyak spesies Streptococcus adalah bagian dari flora mikroba alami dari mulut, usus, kulit dan saluran pernapasan manusia dan beberapa jenis hewan lain. Ada juga spesies Streptococcus tertentu yang sangat bermanfaat bagi kemanusiaan. Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahui bahwa keju Emmental, berbagai keju Swiss yang terkenal di dunia, menggunakan Strep (Streptococcus thermophilus, untuk lebih spesifik) sebagai salah satu bahan dasar! Mari kita lihat sisi patogen spesies tertentu dari genus ini bakteri di segmen berikut.
Infeksi strep
Beberapa infeksi yang paling umum dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus spesies termasuk karies gigi, radang tenggorokan (faringitis bakteri), meningitis, demam berdarah, demam rematik, Glomerulonefritis (pembuluh darah kecil hadir dalam ginjal menjadi meradang, menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan juga dapat mengakibatkan sebagian melengkapi gagal ginjal dalam kasus-kasus lanjutan), bakteremia (adanya bakteri dalam darah), infeksi saluran kemih, dll Streptococcus thermophilus spesies dapat secara luas diklasifikasikan dalam tiga kategori dasar – Alpha hemolitik, Beta hemolitik dan Gamma hemolitik.
Berdasarkan jenis infeksi atau penyakit dan spesies tertentu patogen radang menyebabkan itu, patofisiologi gejala radang dan indikasi berbeda dari kasus ke kasus. Misalnya, seseorang yang menderita meningitis (radang meninges, yaitu membran luar yang melindungi otak) akan menunjukkan gejala yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan seseorang yang menderita radang tenggorokan. Namun, demam, kehilangan nafsu makan dan kelesuan biasanya hadir di semua jenis infeksi radang, baik itu radang tenggorokan, merah, meningitis, ISK atau sepsis.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar