Kamis, 19 September 2013

Cara Menuliskan Formula pada Ms Excel 2007 (TIK KELAS XI)

Cara Menuliskan Formula pada Ms Excel 2007- Menuliskan suatu formula bisa Anda lakukan dengan langsung menuliskannya pada sebuah sel, penulisan formula diawali dengan simbol assign (=), kemudian diikuti oleh nama formula. Pada MS Excel 2007, ketika Anda bermaksud mengetikkan formula pada batang formula, setelah Anda memasukan symbol assign (=), kemudian diikuti oleh sebuah huruf, misalnya S, maka akan ditampilkan sebuah listbox formula. Kotak ini berisi daftar formula yang dimulai dari huruf yang diketikkan, yakni S.
listbox formula excel 2007
Gambar 5.41 Listbox yang memperlihatkan formula dengan huruf awal sesuai yang diketikkan
Sebuah formula, selalu dilengkapi oleh parameterparameter. Parameter adalah ketentuan-ketentuan yang dijadikan rujukan untuk menghasilkan nilai kembali dari formula tersebut. Parameter-parameter ini biasanya ditampilkan pada sebuah kotak melayang yang terlihat di bawah formula bar, atau di bawah sel yang sedang Anda tulis.
formula bar excel 2007
Gambar 5.42 Sewaktu mengetikkan formula, Excel akan memperlihatkan kemungkinan parameter formula yang akan dibuat
Contoh:
=IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false])
Contoh di atas adalah sebuah formula dengan nama IF, setelah Anda menuliskan =IF kemudian dilanjutkan dengan menuliskan simbol kurung buka, maka baris kode (syntax) akan ditampilkan. Perhatikan bahwa parameter logical_true akan tercetak tebal. Artinya sekarang tugas Anda adalah menyertakan nilai untuk parameter ini. Setelah Anda mengisikan nilai pada parameter logical_true, kemudian menuliskan simbol semicolon atau titik koma (;), kini giliran parameter [value_if_true] akan dicetak tebal. Artinya sekarang bagian parameter [value_if_true] agar diisi nilai. Akhiri penulisan formula dengan menekan tombol Enter pada keyboard. Begitulah cara MS Excel menuntun Anda menuliskan formula logika. Simbol titik koma (;) merupakan simbol pembatas parameter, tetapi ada kalanya di komputer lain tidak menggunakan simbol titik koma sebagai pembatas parameter, tetapi menggunakan simbol koma (,). Hal ini disesuaikan dengan setting regional dan bahasa dari setiap komputer. Untuk pembahasan pada buku ini, diasumsikan bahwa pada seting regional dan bahasa pada komputer Anda sudah di set ke regional Indonesia dan bahasa Indonesia. Untuk mengubah seting regional dan bahasa tidak Anda lakukan melalui MS. Excel ini, melainkan melalui jendela Control Panel Windows. Untuk mengubah seting regional dan bahasa, klik Start pada taskbar, kemudian klik Control Panel. Selanjutnya akan terbuka jendela Control Panel. Klik ikon kategori Date, Time, Language, and Regional Options, kemudian klik Regional and Language Options. Pada kotak dialog Regional and Language Options pilih tab Regional Option, ubah combobox Standar and Formats serta Location menjadi Indonesian dan Indonesia. Klik tombol OK untuk mengakhiri seting.
Control Panel Windows XP
Gambar 5.43 Tampilan jendela Control Panel Windows XP
Regional Option
Gambar 5.44 Langkah-langkah mengubah Regional Option
mengubah Regional Option

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar