Jumat, 20 September 2013

Liverbird Dan Logo Liverpool Dari Masa ke Masa LIVERBIRD




Gambar burung yang ada disetiap logo atau crest Liverpool FC saat ini, masih diwarnai kontroversi, terutama termasuk dalam jenis apakah burung yang disebut "Liverbird" ini ?

Pertama kali dikenal tahun 1350-an, dan merupakan segel resmi museum kota Liverpool. Masuk abad 17-an, asal mula "Liverbird" mulai dilupakan, dan di masukan sebagai "Commorant", atau sesies burung laut yang sering di temukan di teluk LIVERPOOL.

Nama Liverbird tercetus oleh THE EARL of DERBY menghibahkan tongkat kebesaran dengan ucapan "engraved with a Leaver", yang menjadi sebuah rujukan atas nama Liverbird tersebut.

Beberapa abad kemudian, dalam sebuah buku manual tentang suatu lambang "Liverbird" diplesetkan dalam bahasa belanda, yakni "Lefler" yang berarti sponbil/seekor burung langka tua di utara Inggris.

Liverbird sendiri mulai populer di tahun 1911, saat Royal Liver Friendly Society membangun markas besar di kota Liverpool, tepat di ujung dermaga, menghadap sungai Mersey, yang mana kemudian bangunan itu di beri nama "The Liver Building" dan menjadi bangunan yang palaing populer dikota LIVERPOOL. Diatas bangunan menara jam kembar, dengan burung commorant persis di tengah masing-masing menara, menyerupai "Liverbird". Menara di desain oleh "Bernard Bartels" dan di bangun oleh The Bromgrove Guild.
Pemandangan sepasang "Liverbird" di menara tersebut makin mempertegas mitos yang berkembang di pesisir pantai.

The Liver Building
Menurut Legenda, sepasang burung Liverbird itu adalah Jantan-Betina, dimana Jantan menghadap kota, sedangkan betina menghadap laut. Legenda Lokal, juga mengatakan kalau sepasang "Liverbird" tidak menghadap ke arah yang sama dikarenakan kalau mereka terbang, maka kehidupan di kota Liverpool akan terhenti. Selain sepasang Liverbird tadi, masih ada di tempat lain, yaitu di dkat Mersey Chamber Office Building yang berbatasan dengan Church of Our Lady dan Gereja St. Nicolas.

Liverbird ke 4 lebih di kenal dalam bentuk bebatuan, dan ada di atas gedung perbelanjaan St. John hingga di bongkar pada tahun 1964. Sedangkan kini Liverbird tersebut bisa dilihat di Merseyside Maritime Museum, Liverpool.

Logo Liverpool Dari Masa Ke Masa


Logo awal Liverpool di gunakan selama 1 abad 
Lambang 'Liver Bird' pertama kali muncul di seragam Liverpool FC pada partai final Piala FA tahun 1950. Lambang yang secara signifikan telah menjadi bagian dari perjalanan panjang Liverpool FC. Lambang Liverpool ini mengalami perubahan pertama pada musim kompetisi 1955/56 dimana gambar 'Liver Bird' berada di dalam lingkaran ouval dan tulisan L.F.C berada di bawah 'Liver Bird'. Lambang versi ini bertahan sampai tahun 1968.

Pada tahun 1968 diambil keputusan untuk memperkenalkan lambang klub yang lebih modern. Lambang 'Liver Bird' langsung disulam ke seragam pemain dengan menyingkirkan garis pijakan pada kaki 'Liver Bird' dan menghilangkan lingkaran ouval. Lambang ini bertahan sampai tahun 1987, dimana pada tahun 1985 sponsor seragam berubah dari UMBRO kepada ADIDAS.

Seiring dengan perubahan sponsor seragam, maka lambang Liverpool pada tahun 1987 mengalami perubahan yang ke 3. Lambang 'Liver Bird' kembali berada di dalam tameng seperti lambang Liverpool FC yang pertama, tetapi kali ini penulisan Liverpool Football Club di bawah 'Liver Bird' tidak di singkat. Lambang ini bertahan sampai tahun 1992, dimana Liverpool FC akan mengadakan perayaan hari jadi yang ke 100 tahun.

Untuk merayakan 100 tahun Liverpool FC, lambang klub mengalami perubahan yang cukup signifikan. Penambahan ornamen 'Shankly Gates' dengan tulisan 'You'll Never Walk Alone' di atas tameng 'Liver Bird' dimaksudkan untuk mengingatkan jasa manajer Bill Shankly yang telah menjadi pondasi kokoh bagi Liverpool FC. Di dalam tameng terdapat tulisan Liverpool Football Club 100 tahun dan lambang 'Liver Bird'. Kemudian di bawah tameng ada tulisan angka 1892-1992.

Logo ini di gunakan pada perayaan 100 tahun liverpool FC. 
Penyempurnaan ditambahkan Perisai dan kalimat
"You'll Never Walk alone"

Tahun 1993 lambang klub kembali berubah dengan penambahan kobaran api kembar di kedua sisi tameng 'Liver Bird'. Kobaran api kembar ini untuk mengenang para Liverpudlian yang menjadi korban pada tragedi Hillsborough. Lambang Liverpool terakhir ini tidak banyak mengalami perubahan sampai dengan tahun 1999. Lambang Liverpool FC yang sekarang ini dibuat pada tahun 1999 hanya dengan komposisi 2 warna. Tetapi sejak tahun 2002, lambang Liverpool FC dibuat dengan 'full colour' seperti sekarang ini.

Logo Liverpool Yang mendapatkan penambahan 2 api di kanan-kiri yang biasa di sebut Flame of Justice. Untuk mengenang Korban tragedy Hillborough dan Heysel.
Logo Liverpool yang sudah mengalami penyempurnaan yang kesekian, dan di gunakan sampai dengan saat ini.




Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar