Rabu, 18 September 2013

Macam-macam Sistem Operasi (TIK KELAS X)

Macam-macam Sistem Operasi. Dalam keluarga luas dari sistem operasi, umumnya ada empat jenis, dikelompokkan berdasarkan jenis komputer yang mereka kontrol dan jenis aplikasi yang mereka dukung. Kategori-kategori tersebut:
  • Sistem operasi real-time (RTOS) – sistem operasi real-time digunakan untuk mengendalikan mesin, instrumen ilmiah dan sistem industri. Sebuah RTOS biasanya memiliki sedikit kemampuan user-interface, dan tidak ada utilitas pengguna akhir, karena sistem akan menjadi “kotak tertutup” saat dikirim untuk digunakan. Sebuah bagian yang sangat penting dari RTOS adalah mengelola sumber daya dari komputer sehingga suatu operasi tertentu mengeksekusi di persis jumlah waktu yang sama, setiap kali itu terjadi. Dalam mesin yang kompleks, memiliki bagian bergerak lebih cepat hanya karena sumber daya sistem yang tersedia mungkin hanya sebagai bencana mempunyai tidak bergerak sama sekali karena sistem sedang sibuk.
  • Single-user, satu tugas – Sesuai namanya, sistem operasi ini dirancang untuk mengelola komputer sehingga satu pengguna dapat secara efektif melakukan satu hal pada suatu waktu. Ini Palm OS untuk komputer genggam Palm adalah contoh yang baik dari single-user, sistem operasi satu tugas modern.
  • Single-user, multi-tasking – Ini adalah jenis sistem operasi sebagian besar orang menggunakan pada desktop dan komputer laptop hari ini. Microsoft Windows dan Apple MacOS platform keduanya adalah contoh dari sistem operasi yang akan memungkinkan satu pengguna memiliki beberapa program dalam operasi pada saat yang sama. Sebagai contoh, sangat mungkin untuk pengguna Windows yang akan menulis catatan dalam pengolah kata saat men-download file dari Internet saat mencetak teks dari pesan e-mail.
  • Multi-user – Sebuah sistem operasi multi-user yang berbeda memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan dari sumber daya komputer secara bersamaan. Sistem operasi harus memastikan bahwa persyaratan dari berbagai pengguna seimbang, dan bahwa setiap program yang mereka gunakan memiliki cukup sumber daya dan terpisah sehingga masalah dengan salah satu pengguna tidak mempengaruhi seluruh komunitas pengguna. Unix, VMS dan sistem operasi mainframe seperti MVS, adalah contoh dari sistem operasi multi-user.
Sangat penting untuk membedakan antara sistem operasi multi-user dan sistem operasi single-user yang mendukung pembentukan jaringan. Windows 2000 dan Novell Netware dapat setiap ratusan mendukung atau ribuan pengguna jaringan, tetapi sistem operasi itu sendiri adalah tidak benar sistem operasi multi-user. Administrator sistem adalah “pengguna” hanya untuk Windows 2000 atau Netware. Dukungan jaringan dan semua login remote user jaringan memungkinkan ini, dalam rencana keseluruhan dari sistem operasi, program yang dijalankan oleh pengguna administratif.
Dengan berbagai jenis sistem operasi dalam pikiran, saatnya untuk melihat fungsi dasar yang disediakan oleh sistem operasi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar