Rabu, 18 September 2013

Sistem Operasi Komputer (TIK KELAS X)

Sistem Operasi Komputer. Ketika Anda menghidupkan daya ke komputer, program pertama yang berjalan biasanya satu set instruksi disimpan dalam read-only memori komputer (ROM). Kode ini membahas perangkat keras sistem untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Power-on self test ini (POST) memeriksa CPU, memori, dan sistem input-output dasar (BIOS) untuk kesalahan dan menyimpan hasilnya dalam lokasi memori khusus. Setelah POST telah berhasil menyelesaikan, perangkat lunak yang dimuat dalam ROM (kadang-kadang disebut BIOS atau firmware) akan mulai mengaktifkan disk drive komputer. Pada kebanyakan komputer modern, saat komputer akan mengaktifkan drive hard disk, ia menemukan potongan pertama dari sistem operasi: bootstrap loader.
Bootstrap loader adalah program kecil yang memiliki fungsi tunggal: Ini beban sistem operasi ke dalam memori dan memungkinkan untuk memulai operasi. Dalam bentuk yang paling dasar, bootstrap loader menyiapkan program driver kecil sehingga dengan antarmuka dan mengendalikan berbagai subsistem perangkat keras komputer. Ia menetapkan divisi memori yang memegang sistem operasi, pengguna informasi dan aplikasi. Ini menetapkan struktur data yang akan memegang berbagai sinyal, bendera dan Semaphore yang digunakan untuk berkomunikasi di dalam dan antar subsistem dan aplikasi komputer. Kemudian itu berubah mengontrol komputer ke sistem operasi.
Tugas sistem operasi, dalam pengertian yang paling umum, jatuh ke dalam enam kategori:
  1. manajemen prosesor
  2. memori manajemen
  3. manajemen perangkat
  4. manajemen penyimpanan
  5. antarmuka aplikasi
  6. Tampilan Antarmuka
Meskipun ada beberapa yang berpendapat bahwa sistem operasi harus melakukan lebih dari enam tugas, dan beberapa vendor sistem operasi yang membangun lebih banyak program utilitas dan fungsi tambahan ke dalam sistem operasi mereka, enam tugas menentukan inti dari hampir semua sistem operasi. Artikel berikutnya kita lihat alat sistem operasi yang digunakan untuk melakukan masing-masing fungsi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar