Minggu, 22 September 2013

MANAJEMEN UMUM (EKONOMI KELAS XII)


Aktivitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari selalu berhubungan satu sama lainnya, dan aktivitas-aktivitas tersebut merupakan sebuah proses yang dinamakan proses manajemen. Kita menyadari perlunya kerja sama dalam melakukan kegiatan tersebut. Dan unsur terpenting dalam mewujudkan kerja sama itu adalah adanya manajemen. Jadi, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan manajemen?
Istilah manajemen berasal dari bahasa Italia maneggio yang artinya tangan. Jadi, manajemen dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menangani atau mengelola dan mengawasi suatu aktivitas usaha. Dengan kata lain, manajemen merupakan suatu tindakan untuk mengurus, mengatur, mengarahkan, mengemudikan, menjalankan, membina, memimpin, dan melakukan pengawasan.
Bila kita pelajari lebih lanjut mengenai manajemen, maka istilah tersebut mempunyai tiga pengertian sebagai berikut.
1. Manajemen sebagai suatu proses yang khas, yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumbersumber lain.
2. Manajemen sebagai suatu kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Maksudnya orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu. Aktivitas manajemen adalah kegiatan-kegiatan atau fungsi-fungsi yang dilakukan oleh setiap manajer, seperti perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, dan pengawasan.
3. Manajemen sebagai suatu seni atau suatu ilmu. Manajemen sebagai suatu seni berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata mendatangkan hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi menerangkan fenomena (kejadian), keadaan dengan memberikan penjelasan.
1. Manajemen Sebagai Ilmu
Manajemen telah ada sejak lahirnya peradaban manusia, dan manajemen sebagai ilmu baru lahir pada akhir abad ke-19. Mengenai batasan manajemen, di bawah ini diutarakan beberapa pendapat para ahli dari sarjana Indonesia.
a. S. Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.
b. Sondang P. Siagian
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
c. Karnadi Wargasasmita
Manajemen adalah mengatur, mengurus, memimpin, mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.
d. The Liang Gie
Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakantindakan dalam usaha kerja sama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.
Adapun definisi manajemen yang dikemukakan oleh sarjanasarjana Barat, antara lain sebagai berikut.
a. Webster’s Dictionary
Manajemen adalah tindakan mengendalikan, kecakapan dalam menjuruskan administrasi (management is the act of managing, skill in directing administration).
b. Harold Koontz dan O’Donnell
Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatankegiatan daripada orang lain (management is getting things done through the effort of other people).
c. John D. Millet
Manajemen adalah proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas-fasilitas kerja terhadap orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan (management is the process of dircting and facilitating the work of people organized in formal groups to achieve a desired goal).
d. George R. Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain (management is the accomplishing of a predetermined objective through the effort of other people).
e. Frederick W. Taylor
Beliau mengemukakan empat prinsip manajemen penting, yaitu:
1) pengembangan metode kerja terbaik,
2) pemilihan serta pengembangan pekerja-pekerja,
3) usaha menghubungkan metode kerja terbaik dengan pekerja yang terpilih dan terlatih,
4) adanya kerja sama antara manajer dengan non manajer dalam hal pembagian kerja, dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan.
f. Henry Fayol
Ia menekankan pada pandangannya tentang manajemen sebagai suatu hal yang terdiri atas fungsi-fungsi. Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan, bahwa manajemen adalah suatu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu atau sebelumnya.
2. Unsur-Unsur Manajemen
Kamu telah mengetahui bahwa manajemen merupakan suatu usaha atau proses kegiatan kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya melalui kegiatan orang lain, dengan menggunakan fasilitas/sarana/alat, yang juga disebut sebagai unsur manajemen.
Unsur manajemen (tools of management) tersebut terdapat enam unsur, yaitu:
a. man (tenaga kerja manusia),
b. money (uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan),
c. methods (cara kerja atau sistem kerja yang digunakan untuk mencapai tujuan),
d. materials (bahan-bahan yang diperlukan),
e. machines (mesin-mesin yang diperlukan untuk mencapai tujuan),
f. market (pasar atau pemasaran sebagai tempat untuk memperjualbelikan hasil produksi).
3. Tingkatan Manajemen
Menurut tingkatannya, manajemen dapat dibedakan menjadi tiga tingkatan seperti tampak pada Gambar 4.1. Untuk lebih jelasnya, tingkatan manajemen dapat diuraikan sebagai berikut.
a. Top Management, dalam kegiatannya lebih banyak mempergunakan kerja pikir daripada kerja fisik untuk mencapai hasil yang diharapkan. Manajemen puncak bertugas membuat rencana jangka panjang, menetapkan tujuan, visi, dan misi perusahaan, serta strategi yang akan digunakan. Manajemen puncak harus dapat mengembangkan semua rencana yang telah dibuat dan mengadakan hubungan dengan pihak luar.
b. Middle Management, dalam kegiatannya antara kerja piker dengan kerja fisik sebanding, sehingga keduanya dilakukan hampir bersamaan. manajemen menengah bertugas mengalihkan rencana, visi, misi, dan tujuan yang dibuat oleh manajemen puncak ke dalam program yang lebih spesifik. Selain itu, manajemen menengah membantu manajer tingkat puncak untuk mencapai tujuan organisasi (perusahaan) serta bertanggung jawab tehadap kinerja manajemen tingkat bawah dalam pencapaian tujuan.
c. Lower Management, dalam kegiatannya lebih banyak mempergunakan kerja fisik daripada kerja pikir. Manajemen tingkat bawah membawahi langsung pekerjaan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas mereka. Tugas manajemen bawah adalah melakukan pengambilan keputusan, mengomunikasikan rencana memberikan motivasi kerja pada para karyawan, dan menetapkan prestasi yang layak diterima karyawan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar