Kamis, 19 September 2013

Organisme dalam Kingdom Monera (BIOLOGI KELAS X)

Organisme dalam Kingdom Monera. Taksonomis mengelompokkan semua kehidupan di Bumi dalam salah satu dari lima kerajaan. Anggota pertama empat kerajaan tersebut adalah, Animalia, Plantae, Fungi dan Protista, semua organisme eukariotik. Ini berarti sel organisme, yang dapat bersel tunggal atau multiseluler, semua memiliki materi genetik yang terkandung dalam inti. Kingdom kelima adalah, Monera, berisi semua organisme bersel tunggal yang tidak memiliki inti sejati. Anggota kerajaan Monera yang sering disebut sebagai bakteri.

Eubacteriophyta

Eubacteriophyta adalah bakteri gram positif sejati. Berarti bahwa Gram-positif bakteri ini akan memberikan hasil yang positif dalam suatu pewarnaan Gram. Bakteri Gram-positif memiliki kandungan peptidoglikan lebih tinggi dari bakteri gram negatif, sedangkan bakteri gram negatif memiliki konsentrasi lipid yang lebih tinggi. Dalam filum ini, bakteri bisa jadi berbentuk bulat (coccus), berbentuk batang (basil) atau berbentuk seperti pembuka tutup botol (spirillum).

Cyanophyta

Bakteri filum ini mengandung organisme yang dulu dikenal sebagai “ganggang biru-hijau.” Hari ini mereka umumnya diklasifikasikan sebagai cyanobacteria, karena tidak adaannya inti jelas sehingga menunjukkan bahwa mereka lebih erat terkait dengan bakteri daripada ganggang. Tapi seperti ganggang, cyanobacteria memang mengandung klorofil dan mampu berfotosintesis. Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa cyanobacteria adalah perintis kloroplas dalam organisme berfotosintesis tinggi, seperti ganggang dan tanaman.

Proteobacteria

Filum yang paling dan beragam dalam kingdom Monera, Proteobacteria meliputi bakteri pengikat nitrogen, yang membuat nitrogen dari udara yang tersedia untuk tanaman dan hewan. Tanpa mereka, kehidupan seperti yang kita tahu tidak bisa eksis. Proteobacteria juga mencakup spesies bakteri yang familiar seeprti E. coli dan salmonella, terkenal karena menjadi agen potensial keracunan makanan.

Spirochaetes

Bakteri ini memiliki bentuk melingkar, seperti namanya. Treponema pallidum, bakteri dalam filum ini, menyebabkan sifilis pada manusia. Borrelia burgdorferi, anggota lain dari kelompok ini, menyebabkan penyakit Lyme. Tidak semua spirochaetes berbahaya bagi inang. Beberapa dari mereka tinggal di jalur pencernaan rayap di mana mereka berkontribusi, bersama dengan mikroorganisme lain, kemampuan rayap untuk mencerna selulosa. Hal ini bermanfaat, setidaknya untuk rayap.

Klasifikasi

Ini perlu dicatat bahwa ada sekolah yang berbeda pemikiran tentang pengklasifikasi organisme. Tidak ada yang “resmi” taksonomi Monera dalam filum tertentu. Memang, banyak ilmuwan berlangganan sistem yang tidak jauh dengan kerajaan Monera seluruhnya, dan empat kerajaan lainnya juga, mengganti ini dengan sistem di mana semua kehidupan dibagi menjadi tiga domain. Dua di antaranya akan mengandung organisme sebelumnya anggota Monera, sementara semua kehidupan lain akan menjadi bagian dari domain ketiga.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar