Jumat, 20 September 2013

Pengertian Amuba (BIOLOGI KELAS X)


Pengertian Amuba. Amoeba (juga dieja amoeba) adalah genus protozoa yang bergerak dengan kaki palsu yang disebut pseudopods, dan dikenal sebagai organisme uniseluler representatif. Protozoa adalah eukariota bersel tunggal, yang menunjukkan mobilitas dan heterotrophy seperti binatang, tapi dikelompokkan dalam kerajaan Protista. Jamak dari amuba dieja baik amoebas atau amoebae. Amuba pertama kali ditemukan oleh Johann Agustus Rosel von Rosenhof tahun 1757. Spesies yang paling terkenal adalah Amoeba proteus, rata-rata panjang sekitar 220-740 μm saat bergerak.
Pengertian Amuba
Kata amuba juga digunakan untuk merujuk pada genus ini dan kerabat dekatnya, sekarang dikelompokkan sebagai “Amoebozoa,” serta mengacu pada semua organisme uniseluler yang bergerak dengan pseudopods. Para pseudopod, atau “kaki palsu,” hasil dari perpanjangan sitoplasma luar. Setiap sel yang bergerak atau pakan oleh proyeksi sementara seperti yang disebut sebagai amoeboid, dan bahkan beberapa sel dalam organisme multisel disebut amoeboid, seperti sel-sel darah putih manusia.
Amuba adalah salah satu organisme alam sederhana, namun, saham banyak fitur yang sama dengan alam makhluk yang paling maju, Homo sapiens, seperti DNA, struktur sel, dan aktivitas fagositosis sel darah putih, dimana mereka menelan dan menghancurkan patogen.
Karena sifat sederhana mereka, amuba sering dirujuk dalam diskusi evolusi, sebagaimana mereka yang mendukung desain pertanyaan bagaimana organisme sederhana seperti amuba dapat berkembang secara tidak sengaja atau kebetulan untuk menghasilkan kompleksitas besar yang terlihat dalam kehidupan saat ini. Sementara amuba biasanya disajikan sebagai mereproduksi secara aseksual, beberapa peneliti berpendapat bahwa analisis bukti reproduksi seksual di beberapa garis keturunan amoeboid mengarah pada kesimpulan bahwa garis keturunan amoeboid yang zaman dahulu kelompok seksual dan aseksual adalah perkembangan lebih baru.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar