Minggu, 22 September 2013

Pengertian Benda Hitam (FISIKA KELAS XII)

Permukaan teoritis yang menyerap semua energi radiasi yang jatuh di atasnya, dan memancarkan energi elektromagnetik di semua frekuensi, dari gelombang radio hingga sinar gamma, dengan distribusi intensitas tergantung pada suhu. Karena semua cahaya tampak jatuh pada permukaan seperti diserap tanpa refleksi, permukaan akan tampak hitam selama suhu adalah sedemikian rupa sehingga puncak emisi tidak dari bagian terlihat.

Hitam Radiasi Tubuh dan Hukum Wien

Ketika benda hitam dipanaskan akan memancarkan radiasi karena energi termal dari objek. Tapi tidak hanya memancarkan panjang gelombang tunggal, melainkan distribusi cahaya yang mencapai puncaknya pada panjang gelombang tertentu. Puncak gelombang dapat ditentukan dengan menggunakan ekspresi yang dikenal sebagai Hukum Wien. Secara khusus, Hukum Wien menyatakan bahwa panjang gelombang puncak dapat ditentukan dengan membagi nomor yang dikenal sebagai konstanta pergeseran Wien (sekitar 2,9 × 10-3 K m) dengan suhu tubuh hitam (dalam kelvin).

Contoh Badan Hitam dan Radiasi Tubuh

Tidak ada yang namanya benda hitam “sempurna”, tapi banyak benda, seperti kumparan pada kompor Anda atau bahkan tubuh manusia, adalah contoh pendekatan benda hitam. Salah satu yang lebih jelas, khususnya yang berkaitan dengan astronomi, adalah matahari kita. Permukaannya kira-kira 6.000 Kelvin (atau derajat Celcius jika Anda lebih suka, pada suhu ini perbedaannya hampir diabaikan). Bumi juga dianggap sebagai radiator benda hitam, meskipun pasti kurang dari ideal.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar