Sabtu, 21 September 2013

Pengertian Bioteknologi (BIOLOGI KELAS XII)

Pengertian Bioteknologi. Bioteknologi adalah penggunaan proses biologis, organisme, atau sistem untuk memproduksi produk yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Para bioteknologi awal adalah petani yang mengembangkan spesies untuk meningkatkan dari tumbuhan dan hewan dengan lintas pollenization atau persilangan. Dalam beberapa tahun terakhir, bioteknologi telah diperluas dalam kecanggihan, lingkup, dan penerapan.
Ilmu bioteknologi dapat dipecah menjadi subdisiplin disebut merah, putih, hijau, dan biru. Bioteknologi merah melibatkan proses medis seperti mendapatkan organisme untuk menghasilkan obat baru, atau menggunakan sel induk untuk menumbuhkan jaringan manusia yang rusak dan mungkin kembali tumbuh seluruh organ. Putih (juga disebut abu-abu) bioteknologi melibatkan proses industri seperti produksi bahan kimia baru atau pengembangan bahan bakar baru untuk kendaraan. Bioteknologi hijau berlaku untuk pertanian dan melibatkan proses seperti pengembangan butir tahan hama atau evolusi dipercepat hewan tahan penyakit. bioteknologi Biru, jarang disebutkan, meliputi proses di laut dan air lingkungan, seperti mengendalikan proliferasi organisme yang terbawa air beracun.
Bioteknologi, seperti teknologi canggih lainnya, memiliki potensi untuk penyalahgunaan. Kekhawatiran tentang hal ini telah menyebabkan upaya oleh beberapa kelompok untuk memberlakukan undang-undang yang membatasi atau melarang proses atau program, seperti kloning manusia dan penelitian sel induk embrio tertentu. Ada juga kekhawatiran bahwa jika proses bioteknologi yang digunakan oleh kelompok-kelompok dengan maksud jahat, hasil akhirnya bisa menjadi senjata biologis.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar