Sabtu, 21 September 2013

Pengertian Sel Haploid (BIOLOGI KELAS XI)

Pengertian Sel Haploid. Sel haploid biasanya sel gamet dari organisme apapun. Seluruh tubuh tumbuhan mengandung sel-sel haploid yang memberikan keunggulan genetik yang lebih baik. Tumbuhan tersebut biasanya memiliki garis genetik murni. Dalam semua hewan, termasuk manusia, sel telur dan sperma adalah satu-satunya sel haploid.
Sebuah sel yang mengandung setengah jumlah kromosom ada dalam suatu sel diploid disebut sel haploid. Artikel berikut akan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang sel ini.
Jika inti sel berisi satu set kromosom lengkap, hal itu disebut sel haploid. Jumlah kromosom pada sel-sel tersebut ditunjukkan oleh n, dimana n singkatan jumlah kromosom. Jumlah haploid berbeda pada organisme yang berbeda.
Apakah itu Sel Haploid?
Ini adalah sel yang hanya berisi satu set kromosom. Ini pada manusia dan mamalia lain yang sebagian besar sel-sel kelamin (telur dan sperma) yang dihasilkan oleh proses yang disebut meiosis. Ketika sel telur dibuahi oleh sperma, hal itu menimbulkan sel diploid.
Sebuah sel membelah menjadi dua bagian dan menimbulkan dua sel anak. Proses ini terlihat hanya dalam sel eukariotik dan ini adalah satu-satunya bagian dalam siklus hidup sel yang melibatkan reproduksi seksual. Hal ini membantu dalam kombinasi gen dari orang tua, tanpa meningkatkan jumlah kromosom. Dalam organ reproduksi hewan tingkat tinggi seperti manusia, gonad, yaitu testis dan ovarium membelah untuk membentuk sel kelamin dengan meiosis.
Inti sel membelah dua kali selama meiosis dan menghasilkan empat sel anak. Dalam organisme diploid, meiosis terjadi dengan pembentukan gamet (sperma dan sel telur). gamet Ini adalah sel haploid, yang hanya berisi satu set kromosom. gamet Ini bersatu selama pembuahan, yang membantu dalam memulihkan jumlah diploid.
Dalam kasus tumbuhan, meiosis terjadi sebelum pembentukan spora dan spora memiliki nomor kromosom haploid. Ketika spora haploid bersatu dengan ovarium, hal itu menimbulkan keturunan melalui reproduksi seksual. Meiosis sangat penting, karena membantu dalam pencampuran gen dan variasi untuk menimbulkan keturunan yang lebih baik. Sel-sel bergabung untuk membentuk sel diploid dengan gen yang berbeda dari orangtua. Dengan demikian, keturunan genetik ini lebih maju daripada orangtua.
Jumlah sel haploid pada manusia adalah 1 set 23 kromosom, yang ada 22 set kromosom autosom atau non-seks dan 1 set kromosom seks. Setelah pembuahan, hal itu menimbulkan sel diploid dengan 46 kromosom. 46 kromosom Ini dibentuk oleh kombinasi 2 set 23 kromosom dari sel induk.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar