Sabtu, 21 September 2013

Perbedaan Antara Jaringan dan Organ (BIOLOGI KELAS XI)

Perbedaan Antara Jaringan dan Organ. Semua makhluk hidup baik terdiri dari sel tunggal atau beberapa sel. Sel adalah organisme terkecil yang hidup dan mampu pertumbuhan, perkembangan, respirasi, ekskresi dan reproduksi. Hampir semua organisme, kecuali protozoa yang multiseluler. Sel-sel bergabung secara bersamaan untuk membuat jaringan, yang membentuk organ. Sel, jaringan dan organ yang bertanggung jawab untuk melakukan fungsi dasar dari organisme hidup yang menjaga organisme tetap hidup.
Jaringan merupakan level organisasi antara sel dan organ. Jaringan terdiri dari sekelompok sel yang sama dan dari asal yang sama yang melakukan fungsi yang sama. Studi tentang jaringan dikenal sebagai histologi. Jaringan yang ditemukan pada hewan dapat dikelompokkan menjadi empat tipe dasar: ikat, otot, saraf, dan epitel. Jaringan ikat adalah jaringan fibrosa, yang bertanggung jawab untuk membentuk organ dan menahan mereka di tempat. Jaringan otot yang bertanggung jawab untuk memproduksi tenaga dan gerakan dalam organ internal. Jaringan saraf yang ditemukan dalam sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer, mereka bertanggung jawab untuk membentuk otak, sumsum tulang belakang, saraf tengkorak dan saraf tulang belakang. Sebuah fungsi dari jaringan saraf adalah untuk mengirimkan pesan dari otak ke organ-organ lain dalam bentuk impuls listrik. Jaringan epitel adalah sel yang menutupi permukaan organ, seperti kulit. Jaringan juga dapat ditemukan dalam tanaman yang dapat dikategorikan menjadi tiga sistem: epidermis, jaringan dasar, dan jaringan pembuluh darah.
Organ terdiri kelompok jaringan yang sama yang melakukan fungsi yang sama. Organ bekerja sama dan bertanggung jawab untuk fungsi sehari-hari dalam tubuh organisme. Studi tentang organ tubuh manusia dikenal sebagai anatomi. Tubuh manusia terdiri dari sebelas jenis berbeda dari sistem organ: sistem kardiovaskular, sistem pencernaan, sistem endokrin, sistem ekskresi, sistem kekebalan tubuh, sistem yg menutupi (kulit, rambut, dan kuku), sistem otot, sistem saraf, sistem reproduksi, pernafasan dan sistem rangka. Dalam organisme bersel tunggal, analog fungsional organ yang dikenal sebagai organel. Pada tumbuhan, sistem organ dapat dibagi menjadi vegetatif dan reproduksi; organ vegetatif adalah akar, batang dan daun, sedangkan organ reproduksi berbeda tergantung pada spesies.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar