Sabtu, 21 September 2013

Proses Transpor aktif Sel (BIOLOGI KELAS XI)

Proses Transpor aktif Sel. Transpor aktif menjelaskan apa yang terjadi ketika sel menggunakan energi untuk mengangkut sesuatu. Kita tidak berbicara tentang fagositosis (makan sel) atau pinositosis (minum sel) pada bagian ini. Kita bicara tentang pergerakan molekul individu melintasi membran sel. Cairan dalam dan di luar sel memiliki zat yang berbeda. Terkadang sel harus bekerja dan menggunakan beberapa energi untuk menjaga keseimbangan yang tepat dari ion dan molekul.
Transpor aktif

Protein dalam Membran

Transpor aktif biasanya terjadi melintasi membran sel. Ada ribuan protein tertanam dalam lapisan ganda lipid sel. Mereka protein lakukan banyak pekerjaan dalam transpor aktif. Mereka diposisikan untuk menyeberangi membran sehingga satu bagian adalah di bagian dalam sel dan satu bagian adalah di luar. Hanya saat mereka menyeberang bilayer mereka mampu memindahkan molekul dan ion masuk dan keluar dari sel. Protein membran yang sangat spesifik. Salah satu protein yang menggerakkan glukosa tidak akan menggerakan ion kalsium (Ca). Ada ratusan jenis protein membran dalam banyak sel-sel tubuh Anda.
Transpor aktif protein
Sering kali, protein harus bekerja melawan gradien konsentrasi. Istilah itu berarti mereka memompa sesuatu (biasanya ion) dari daerah yang lebih rendah untuk konsentrasi yang lebih tinggi. Ini banyak terjadi di neuron. Protein membran terus memompa ion masuk dan keluar untuk mendapatkan membran neuron siap untuk mengirimkan impuls listrik.

Menghentikan Transportasi

Meskipun protein ini bekerja untuk menjaga sel hidup, aktivitas mereka dapat dihentikan. Ada racun yang menghentikan protein membran dari mengangkut molekul mereka. Mereka racun yang disebut inhibitor. Kadang-kadang protein yang hancur dan lain waktu mereka hanya terpasang.
Bayangkan bahwa Anda adalah sel dan memiliki sepuluh protein bekerja untuk memompa kalsium ke dalam sel. Bagaimana jika racun datang dan memblokir delapan dari mereka? Anda tidak bisa bertahan dengan hanya dua pompa yang bekerja dan perlahan-lahan akan mati. Ini akan seperti mengharapkan Anda untuk bernapas dengan dari mulut dan hidungmu hanya terpasang.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar